Kamis, 10 Mei 2012

Lingkungan : Lele dan Limbahnya


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbVpPbPFt7MI7uZRABOmq-8k0i3yeupWEUd-JdPvu2Y88W8fgD2D6evsHV1YMnvjMzQpBKsyvbulhY2Nc7E5wogqBsOixb8Ld3N1Cj58xvKDu-gkr5MQDUoz95jEQ8ggxc3aQVKjdHP6eg/s1600/IMG_0103.JPG





LELE DAN LIMBAHNYA


siapa sih yang tidak mengenal ikan lele (cat fish) , hewan yang banyak dibudidayakan sebagai hewan ternak ini merupakan primadona di kalangannya krena rasa dagingnya lezat dan peluang bisnis yangmenggiurkan. tetapi ada sebuah kekurangan dari hal tersebut , yaitu dengan memelihara lele lingkungan disekitar kita,lingkungan akan menjadi tercemar oleh bau dari ikan tersebut. tahukah mengapa? karena lele merupakan hewan yang mampu hidup di daerah berlumpur,mereka yang biasanya hidup di lumpur mengeluarkan kotoran yang yang cukup banyak dan berbau busuk yang dapat mengotori air.
air dimana lele tersebut hidup,selalu berwarna cokelat keruh dan berbau menyengat dan harus sering diganti dengan air yang baru. biasanya para peternak ikan lele saat mengganti air tersebut langsung membuang air limbah lele tersebut langsung kesungai,mereka tidak menyadari bahwa dengan tindakan mereka,ekosistem sungai akan terganggu dan tentunya membuat kekacauan rantai makanan,misalnya  banyak tumbuhan dan ikan mati.selain hal itu,tindakan itu juga sering dikeluhakan oleh penduduk yang tinggal di sekitar aliran sungai tersebut,pasalnya mereka yang sehari-harinya memanfaatkan sungai untuk mandi,mencuci baju dan lain-lain menjadi tidak bisa menggunakan air sungai tersebut. menurut beberapa orang,air tersebut mengandung kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti gatal-gatal dan diare.
tapi dibalik berbahayanya air limbah lele tersebut tentunya ada hal yang bisa dimanfaatkan. ada seorang peternak lele yang sukses,beliau menemukan suatu gagasan yang bagus untuk memanfatkan air limbah tersebut. beliau mengaplikasikan ilmunya dalam bidang biologi untuk menghasilkan biogas air limbah lele yang dapat dipergunakan untuk memasak. sampai saat ini masih jarang orang yang mengetahui hal tersebut,jika hal itu di komersilakan tentunya uang akan mengalir terus dan berguna untuk semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar